Social Media vs SEO

Social Media vs SEO

Apakah Social Media atau SEO adalah cara terbaik untuk meningkatkan pemasaran digital Anda? Apakah kedua alat ini diperlukan untuk sukses secara online ataukah Social Media adalah bentuk dari SEO baru?

 

Banyak webmaster, pemilik usaha kecil, dan pemasar digital lainnya bertanya kepada kami tentang peran social media dan SEO dalam proses pemasaran digital dan bertanya-tanya mana yang lebih baik untuk digunakan untuk mendapatkan eksposur online lebih terutama ketika mereka memiliki anggaran terbatas untuk kampanye online mereka.

 

Kami harus mengakui bahwa ini adalah pertanyaan yang sangat bagus dan salah satu hal yang banyak menghabiskan waktu untuk menemukan jawaban yang tepat. Hal ini membingungkan karena social media memang mengubah cara kita melakukan bisnis di Internet dan webmaster ingin tahu apa dampak dari sosial media di SEO dan di mana harus menempatkan uang dan usaha Anda.

 

Singkatnya, tidak satupun dari mereka yang lebih baik; Anda perlu keduanya dan kami akan membantu Anda menjelaskan mengapa. Sebelum masuk ke rincian dan untuk memastikan bahwa semua orang berada di jalur yang sama, mari kita lihat dengan sangat cepat apa itu social media marketing dan apa itu SEO.

Apa itu Social Media Marketing?

Social Media Marketing adalah proses memanfaatkan jaringan sosial untuk tujuan mempromosikan produk atau jasa. Ini mungkin menjadi kejutan bagi beberapa orang tetapi jaringan sosial tidak hanya digunakan untuk jaringan dan berbicara dengan teman-teman Anda, bagi pemasar dan perusahaan mereka adalah alat penjualan yang sangat penting.

 

Apakah yang Social Media Marketing libatkan? Singkatnya, SMM harus membangun reputasi merek Anda di jaringan sosial dengan menciptakan sekelompok pengikut yang tertarik dan ingin berinteraksi dengan merek Anda. Untuk melakukan itu Anda perlu mengidentifikasi target audiens Anda dan mencoba untuk berhubungan dengan mereka melalui rencana pemasaran dengan konten desain dan kampanye social media yang baik.

 

Ini melibatkan konten posting yang relevan dan menarik di halaman social media dan juga melibatkan pengikut Anda.

 

Apakah itu bekerja? Di masa lalu, banyak pemasar meragukan efektivitas social media untuk menjual tetapi dalam beberapa tahun terakhir hal itu telah berubah secara dramatis. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pelanggan yang terlibat dengan merek di social media cenderung membuat lebih banyak pembelian dari perusahaan tersebut. Studi lain menunjukkan bahwa lebih dari 70% konsumen lebih cenderung untuk melakukan pembelian setelah mereka melihat sebuah posting di social media.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO adalah proses untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. Dengan mengoptimalkannya berarti kita membuat konfigurasi pada kode situs, tampilan, pengaturan konten dan struktur sehingga mesin pencari dapat ‘membaca’ (crawl) situs web lebih mudah. Semakin mereka dapat memahami tentang sebuah situs web, semakin besar kemungkinan mencapai peringkat yang lebih baik.

 

Mesin pencari menggunakan sejumlah aturan untuk menentukan website untuk menunjukkan posisi teratas dan SEO adalah tentang memuaskan aturan-aturan tersebut. Sebuah situs web yang SEO friendly juga harus lebih user friendly sehingga manfaat dari SEO akan meningkatkan ranking situs web tersebut.

 

Apakah Jasa SEO Bekerja? Ini tentu bekerja. SEO dapat meningkatkan peringkat situs web Anda pada mesin pencari dan ini berarti lebih banyak lalu lintas dan penjualan karena orang menggunakan kotak pencarian Google yang sangat tertarget. Mereka memiliki masalah dan mereka membutuhkan solusi, atau memiliki pertanyaan dan yang membutuhkan jawaban.

Apakah Social Media adalah bentuk dari SEO baru?

Jika Anda melakukan pencarian tentang Social Media vs SEO, Anda akan melihat banyak kalimat “social media adalah SEO baru”. Apa kalimat ini berarti bahwa saham social media (seperti, tweet, pin, +1, LinkedIn, dll) memiliki pengaruh langsung pada peringkat seperti SEO. Apakah ini benar?

 

Jadi antara social media vs SEO manakah yang lebih baik? Jawabannya adalah suatu tempat di tengah-tengah. Social media bukanlah SEO baru karena SEO masih tentang cara mengoptimalkan situs web dan konten untuk mesin pencari dan pengguna. Untuk mencapai peringkat yang baik dalam jangka panjang, Anda perlu SEO.

 

Social media di sisi lain, adalah seperti sebuah survey besar di mana pengguna dapat menunjukkan preferensi mereka dengan ‘suara’ untuk berbagai halaman / website dengan memberi mereka seperti, pin, 1 atau Tweet.

 

Jadi, seseorang harus berharap bahwa apa yang populer di social media juga harus populer di search engine, tapi ini tidak selalu terjadi.

 

Sinyal social media saja, tidak dapat mempengaruhi peringkat. Google telah menyatakan berkali-kali bahwa mereka tidak menggunakan sinyal social media dalam algoritma. Di sisi lain, banyak penelitian menunjukkan bahwa halaman yang melakukannya dengan baik di bidang social media mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google.

 

Jika sinyal social media tidak mempengaruhi peringkat, mengapa kita membutuhkan social media dan kenapa posting populer di social media mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari dibandingkan dari posting non-populer?

 

Jawabannya sederhana:

 

Anda perlu social media karena merupakan sumber lain untuk lalu lintas dan alat penjualan yang besar.

 

Anda membutuhkan social media karena Anda ingin memenangkan ‘bukti sosial’.

 

Anda perlu berbagi social media karena ini berarti lebih banyak orang akan melihat konten Anda dan ini meningkatkan kemungkinan webmaster lain secara alami membuat link ke sana, yang secara tidak langsung akan meningkatkan SEO Anda.

 

Dengan kata lain, social media secara tidak langsung membantu SEO dengan menghasilkan lebih banyak eksposur untuk halaman web / situs.

Social Media VS SEO – Mana yang lebih baik?

Sebagaimana dinyatakan pada awal posting ini, Anda membutuhkan keduanya. Ini bukan satu atau yang lain karena keduanya dapat membantu website / bisnis online mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan dalam kondisi tertentu, membuat lebih banyak penjualan. SEO akan memastikan bahwa konten Anda dapat dibaca oleh mesin pencari dan social media akan membantu mendapatkan konten Anda di depan banyak orang lebih cepat. Semakin banyak orang melihat halaman, semakin besar kemungkinan terhubung ke sana, berbagi ke social media dan menarik minat pengunjung dengan konten.